Pentingnya Manajemen Waktu untuk Kemajuan Karier
Pentingnya Manajemen Waktu untuk Kemajuan Karier

Last update on .

Waktu adalah uang. Ungkapan tersebut nyatanya tidak hanya berlaku bagi mereka yang bergelut di dunia usaha. Bagi para pekerja, ungkapan yang sama juga bisa berlaku. Sebab, waktu merupakan hal penting yang harus dimanfaatkan dan diatur sedemikian rupa oleh setiap orang, agar bisa bisa meraih keseimbangan dan kesuksesan di dalam hidup.

Dengan memiliki manajemen waktu yang baik, seorang pekerja tentu akan mampu mengelola dan menyeimbangkan tugas harian di kantor dengan berbagai rutinitas lainnya. Ini menambah nilai dan semakin menegaskan kalau setiap pekerja harus memiliki manajemen waktu yang baik. Tapi, bagaimana caranya agar bisa mengimplementasikan hal tersebut? Mengutip laman Glints, berikut adalah cara memanajemen waktu kerja dengan baik.

 

 

1. Kuasai Manajemen Stres

Ketika stres melanda, seseorang biasanya akan kesulitan berpikir jernih dan kesulitan melakukan berbagai hal. Pasalnya, stres berpengaruh pada performa dalam melakukan segala hal, termasuk pada manajemen waktu yang telah Kamu susun.

Stres memiliki dampak yang berbeda pada setiap orang. Ini membuktikan bahwa manajemen stres memang merupakan sesuatu yang dapat dipelajari. Dimulai dari kesadaran akan pentingnya manajemen stres, tentunya secara otomatis manajemen waktu yang kamu miliki juga akan berkembang. Jadi mulailah menerapkan menajemen stres sebagai ritual wajib, jika kamu meinginginkan manajemen waktu yang lebih efektif.

 

2. Mulailah untuk ‘Questioning and Challenging

Tips untuk mengefektifkan manajemen waktu selanjutnya adalah dengan menaikkan standar kerja Kamu. Salah satu cara yang harus Kamu lakukan untuk menaikkan standar kerja adalah dengan menguasai skill ‘questioning and challenging’. Ketika Kamu diberikan sebuah pekerjaan, Kamu harus menanyakan dengan jelas segala detail tentang pekerjaan tersebut.

 

 

Daripada mempertanyakan banyak hal ditengah-tengah pekerjaan dan mengurangi waktu kerjamu, lebih baik meluangkan waktu di awal untuk mencari kejelasan. Jika Kamu memiliki keberatan tentang pekerjaan tersebut, Kamu juga harus mengungkapkannya di awal. Dengan mengetahui segala hal tentang pekerjaan yang akan Kamu jalani, tentu manajemen waktu akan menjadi lebih efektif.

 

3. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Setiap pekerjaan mungkin akan mengharuskan kamu berinteraksi dengan banyak orang. Maka dari itu, kemampuan berkomunikasi akan sangat dibutuhkan. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantumu menjalin relasi yang baik dengan orang-orang yang bekerjasama dengan Kamu. Jika sudah terbangun relasi yang baik, maka setiap hal akan dapat lebih nyaman dibicarakan.

 

4. Belajar untuk Selalu Fokus