New Normal, New Career
New Normal, New Career

Last update on .

Pandemi Covid-19 telah membawa banyak perubahan, di mana yang paling terasa adalah perubahan tatanan kehidupan atau yang kerap disebut "new normal". Namun sebelum fase ini diterapkan seperti sekarang, sudah banyak yang terdampak pandemi virus tersebut. Seperti para pekerja kantoran, misalnya. Banyak dari mereka, atau mungkin kamu salah satunya, yang terkena dampak pandemi Covid-19 sehingga harus dirumahkan. 

Kendati kondisinya demikian, tentunya kita tidak boleh panik. Sebab, PHK karena terimbas Corona bukan akhir dari segalanya. Ada baiknya kita ambil sisi positif dengan tetap berusaha. Anggap fase new normal ini sebagai kesempatan untuk memulai karir baru. Namun sebelum itu, kamu juga tentunya harus merencanakan karier agar bisa lebih sukses dari sebelumnya. Nah, mengutip laman Cermati baru-baru ini, berikut adalah beberapa tips perencanaan karier yang bisa memudahkanmu dalam bekerja dan meraih kesuksesan.

 

 

1. Mulai Menyusun Visi

Untuk mendapatkan masa depan yang cerah dan sukses, sebaiknya mulailah menyusun visi dan misi dalam hidupmu. Kamu bisa membayangkan rencana kariermu untuk 5 sampai 10 tahun ke depan. Rencanakan dengan sejeli-jelinya.

 

2. Mulai Mengenali Diri

Mengenali diri sendiri atas kekuatan dan kelemahan yang Kamu miliki memang tidaklah mudah. Untuk mengetahuinya, Kamu bisa meminta pendapat kepada teman-teman terdekat secara objektif. Catatlah hal-hal yang telah dikatakan temanmu tentang kekuatan dan kelemahanmu. Walau beberapa pernyataan tidak sesuai dengan keyakinanmu.

Walaupun pendapat teman yang Kamu mintai masukan tidak sesuai dengan keyakinan, tampung saja semuanya. Kamulah yang harus mengambil peran lebih banyak untuk mengenal kekuatan dan kelemahan karena seharusnya Kamu adalah orang yang paling mengerti diri sendiri.

 

 

3. Review dan Evaluasi Pencapaian

Dengan me-review dan mengevaluasi pencapaian yang telah Kamu lakukan saat ini akan sangat membantumu merencanakan karier ke depannya. Apa pun yang Kamu lakukan dalam mencapai apa yang Kamu inginkan. Cobalah untuk me-review keberhasilan apa saja dan kegagalan apa saja yang sudah Kamu alami. Pertahankan jika proses menuju keberhasilanmu itu baik. Lalu mulailah mengevaluasi hasil yang tidak baik saat meraih keinginanmu.

 

4. Tingkatkan Keterampilan

Ketika Kamu sudah mengetahui passion dan bakatmu di mana. Rencana karier untuk yang satu ini akan lebih mudah Kamu kuasai. Meningkatkan keterampilan yang sudah Kamu miliki. Hal ini akan membantumu mendapatkan pekerjaan yang Kamu inginkan. Perencanaan karier juga lebih mudah dilakukan karena tidak terbatas dengan satu jenis pekerjaan saja.

 

 

5. Ikutilah Passion

Bekerja yang paling menyenangkan hati adalah bekerja sesuai passion. Dengan begitu, Kamu akan lebih rela berkorban apa saja termasuk uang, waktu, dan tenaga. Selain memberikan kepuasan tersendiri, kariermu juga akan semakin berkembang karena Kamu akan mengembangkan kariermu lebih baik lagi sesuai passion-mu.

 

6. Membaca Peluang Karier