New Normal, New Career (II-Habis)
New Normal, New Career (II-Habis)

Last update on .

6. Membaca Peluang Karir

Dalam perkembangan dunia digital, setiap orang sudah melek digital. Mau tidak mau orang-orang akan lebih banyak menyerap informasi yang tersebar di internet. Sebagai orang yang suka dengan perencanaan karier. Sebaiknya Kamu membaca peluang karier dengan tepat. Saat ini banyak pekerjaan yang tergantikan dengan pekerjaan yang hanya dengan digital saja cukup. Inilah saatnya Kamu menyadari berapa banyak peluang karier yang bisa Kamu raih.

 

 

7. Menggunakan metode SMART

Metode SMART yaitu Specific, Measureable, Achievable, Realistic, dan Time-bound banyak digunakan dalam perencanaan karier karena lebih spesifik, dapat dicapai, realistis dan memiliki tenggat waktu dalam pencapaian tujuan.

Kamu bisa memulai metode tersebut dengan menentukan apa yang akan dilakukan beberapa tahun ke depan. Bisa dimulai dengan perencanaan setiap tahunnya, setiap 6 bulan dan bahkan gol setiap bulannya. Jangan lupa untuk disiplin melakukan evaluasi, setidaknya evaluasi pencapaian setiap bulan atau setiap 6 bulan untuk meraih karier yang Kamu impikan.

 

 

8. Disipilin dan Bertanggung-jawablah dengan rencanamu

Banyak orang gagal karena tidak disiplin dalam menjalankan rencana yang sudah dibuat. Sebuah perencanaan yang matang dan detail tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya eksekusi. Metode SMART akan banyak membantu memberikan panduan bagaimana membuat sebuah perencanaan karir yang tepat.

 

9. Meningkatkan Level Pendidikan

Tak jarang rencana karir yang ingin diraih membutuhkan keterampilan yang memadai dan juga level pendidikan yang setara. Mau tidak mau Kamu harus lakukan ini. Meningkatkan keterampilan dan pendidikan juga bisa jadi media kita untuk memperluas wawasan, koneksi dan peluang karir atau bisnis yang lebih baik lagi ke depannya.

 

 

10. Melakukan Evaluasi Rencana Karir secara Berkala

Evaluasi rutin merupakan bagian penting dari sebuah perencanaan. Kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk mengontrol dan memperbaiki hal-hal yang telah dilakukan apakah masih sesuai di jalur perencanaan karir atau menyimpang. Di sisi lain, evaluasi rutin terhadap perencanaan karir juga bisa dijadikan sebagai metode yang efektif untuk mencapai tujuan karir secara berkala.