(Sumber: Getty Images)
(Sumber: Getty Images)

Last update on .

3. Jangan Takut Mencoba Hal Baru

Seperti yang dijelaskan pada artikel bagian pertama, Richard Branson memiliki passion sebagai entrepreneur semenjak remaja. Ia pun tidak pernah berhenti di satu jenis bisnis saja. Pendiri Virgin Groups itu selama menapaki dunia bisnis selalu mencoba berbagai konsep serta ide yang dapat direalisasikan menjadi usaha. Karena itu salah satu kunci suksesnya adalah jangan takut mencoba hal baru.

Hal ini tercermin dari Virgin Groups yang memiliki ratusan perusahaan dan mencakup beragam usaha. Dari mulai buku, perbankan, penerbangan, internet, ponsel, musik, ritel, dan masih banyak lagi. Karena itulah, ia mendorong para entrepreneur lainnya untuk mencoba mengikuti jejaknya.

“Jujur saya bisa mengatakan bahwa tidak ada hal baik yang terjadi di hidup saya dari keamanan zona nyaman. (Sukses itu terjadi-red) di semua momen di mana kamu merasa tertantang, di mana kamu berpikir ‘Oh sial, mungkin ini buka ide yang bagus’ dan kemudian kamu merenung untuk menyerah. Jika kamu bisa melewati keraguan ini dan berhasil keluar, saya berjanji kepadamu, di sinilah hal-hal yang baik terjadi,” ungkap Richard Branson sebagaimana dikutip dari laman Entrepreneur.

 

 

4. Memiliki Impian Besar

“Berimpian besar & kamu akan diberikan dengan kesempatan untuk memimpin dunia pada petualangan yang luar biasa,” cuit Richard Branson di akun Twitter-nya. Cuitan ini menggambarkan bagaimana kesuksesan dirinya dimulai dari impian besar. Ia selalu mengejar sukses sebagai entreprenur dimulai dari tahun 1966 dan tidak pernah khawatir dengan rintangan serta kegagalan.

(Sumber: coindesk.com)

Ia selalu bermimpi untuk memiliki “kerajaan” bisnis dan Richard Branson pun mulai memupuknya dengan meluncurkan Virgin Records. Setelah ia mendapatkan uang dari usahanya di toko rekaman musik, Richard Branson pun mendirikan label rekamannya sendiri. Bersama Sex Pistol, Rolling Stones, Paula Abdul, XTC, Richard Branson pun berhasil membuat label rekamannya tersebut go international.

5. Belajar Sembari Melakukan

Belajar bukan hanya dilakukan di institusi seperti sekolah dan universitas. Menurut pandangan Richard Branson, pengalaman belajar yang paling besar justru didapatkannya dalam kehidupan. Walau ia tidak pernah berkuliah, pengetahuannya untuk sukses dalam ranah entrepreneur didapatkannya dari beragam bisnis yang ia jalani.

Dengan mencoba beragam jenis usaha baru, Richard Branson pun mendapatkan pelajaran baru. Ia bahkan melihat kehidupan sebagai mata kuliah panjang di universitas dan kita harus mempelajari hal-hal yang barunya setiap hari. Karena itulah, ia berpesan jika kamu melihat kesempatan datang maka jangan ragu mengambilnya walau itu bukan sesuatu yang kamu pahami.

“Sangat penting untuk menyadari bahwa tidak masalah jika kamu tidak tahu. Karena kamu selalu bisa mencari tahu. Rebut peluang dan jangan menyerah pada keraguan diri,” tulis Richard Branson pada blognya.