Cara Mendapat Pekerjaan di Luar Negeri
Cara Mendapat Pekerjaan di Luar Negeri

Last update on .

Tidak sedikit orang Indonesia yang berharap bisa atau mendapat pekerjaan yang layak di luar negeri. Sebab selain dinilai bisa mendapat penghasilan yang baik, kerja di luar negeri juga dapat membuat orang yang bersangkutan kaya akan pengalaman. Pengalaman ini bahkan bisa jadi pertimbangan utama ketika orang tersebut pulang dan melamar kerja di perusahaan Indonesia.

Namun, mendapat pekerjaan di luar negeri tentu tidak mudah, tapi juga bisa dibilang tidak terlalu sulit. Ada beberapa cara dan langkah yang mesti dilakukan jobseeker. Nah, mengutip dari laman Cermanti, berikut adalah beberapa langkah atau cara mendapat pekerjaan di luar negeri. 

1. Menguasai Bahasa Inggris

Saat ini, menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris merupakan kebutuhan utama dalam dunia kerja. Apalagi jika kita ingin bekerja di luar negeri, bahasa internasional ini sudah pasti harus dikuasai. Tidak mungkin seseorang bisa kerja di luar negeri tanpa ada bekal penguasaan bahasa Inggris atau bahasa negara tertentu yang jadi tujuan tempat bekerja. Latihan rutin dan menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari bisa jadi cara paling efektif untuk bisa menguasai bahasa asing.

 

 

2. Dapatkan Info dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Ketika ada keinginan untuk kerja di luar negeri, pencari kerja tentunya harus aktif mencari tahu berbagai informasi lowongan kerja di luar negeri. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bisa jadi pilihan utama untuk mendapatkan sebuah informasi yang dibutuhkan. Datang saja ke kantornya, atau bisa dengan mengakses lamannya.

Memang cara ini sedikit merepotkan, tapi memang mendapatkan kerja di luar negeri tidak bisa dengan cara instan. Butuh waktu lama untuk mendapatkan pekerjaan impian di luar negeri. Selain itu, harus hati-hati dan benar-benar selektif dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan.

3. Jalin Komunikasi dengan Headhunter

Peluang untuk mendapatkan kerja di luar negeri bisa juga didapatkan melalui headhunter. Biasanya, mereka akan mencari pekerja dengan memanfaatkan akses internet dan media sosial seperti Linkedln. Perbaharui profile Linkedln-mu, dan buatlah semenarik mungkin profil dirimu di Linkdln karena headhunter akan melihat profilmu dari sana.

 

 

4. Dapatkan Lewat Perekrutan secara Online

Jangan pernah pantang menyerah untuk mendapatkan kerja di luar negeri. Cara berikutnya agar Kamu sukses mendapatkan kerja di luar negeri adalah dengan mendaftarkan diri melalui situs pencari pekerjaan. Buatlah akun dan masukkan CV-mu dengan semenarik mungkin. Sebaiknya, daftarkan profil dirimu di berbagai situs pencari pekerjaan. Dengan begitu, peluangmu untuk mendapatkan kerja di luar negeri semakin besar.


5.Temukan di Website Perusahaan

Hampir seluruh perusahaan di dunia ini sudah menggunakan website. Maka Jika Kamu tertarik bekerja di salah satu perusahaan tersebut, Kamu bisa langsung mengaksesnya dari sana. Carilah info lowongan kerja yang cocok dengan kemampuanmu.