Ini Kebiasaan Pengusaha Sukses di Akhir Pekan
Ini Kebiasaan Pengusaha Sukses di Akhir Pekan

Last update on .

Banyak yang berpikir bahwa para pengusaha sukses selalu memikirkan angka profit yang mereka hasilkan dari bisnis mereka. Namun percaya atau tidak, mereka juga manusia biasa yang tentunya memiliki keinginan untuk menikmati waktu pada akhir pekan. Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk sejenak, mereka menomorduakan hal-hal yang berhubungan dengan bisnis dan berfokus untuk relaksasi. Tapi kira-kira apa ya kebiasaan para pengusaha sukses di kala akhir pekan?

Penulis buku “The Humor Advantage” serta pembicara bisnis ternama, Michael Kerr menegaskan bahwa pengusaha sukses tahu cara membagi waktu mereka antara saat bisnis dan menikmati libur. “Orang-orang sukses menyadari betapa pentingnya untuk memanfaatkan akhir pekan yang panjang untuk mengisi ulang gairah hidup dan mengisi ulang ‘baterai mereka,” ucapnya sebagaimana dikutip dari laman Business Insider (24/4/2019).

 

 

Hal yang serupa juga diungkap oleh penulis buku “Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job”, Lynn Taylor. Ia menuturkan bahwa para pengusaha sukses bekerja keras pada weekday menuju akhir pekan demi memaksimalkan waktu bersantai mereka.

Berikut ini kebiasaan para pengusaha sukses pada akhir pekan:

1. Merencanakan Aktivitas

Sebelum mereka berada di akhir pekan, para pengusaha sukses biasanya berusaha merampungkan hal-hal yang berhubungan dengan bisnisnya. Setelah itu, mereka langsung membuat perencanaan kira-kira apa saja kegiatan yang dapat dilakukan secara maksimal pada akhir pekan.

Michael Kerr menjelaskan, pengusaha sukses melakukan perencanaan kegiatan mereka sehingga mereka tidak tertarik akan ‘godaan’ untuk kembali bekerja. Karena itulah mereka melakukan reservasi di restoran dengan orang yang dikasihi, booking lapangan gold, atau menjadwalkan aktivitas dengan anak-anak.

 

 

2. Mengurangi Ketergantungan dengan Teknologi

Para pengusaha sukses tidak terlepas dengan ketergantungan mereka terhadap teknologi, khususnya ponsel pintar. Dari mulai untuk menghubungi tim bisnisnya sampai mengirimkan email dengan para klien. Namun Michael Kerr menjelaskan, pengusaha sukses juga tahu kapan waktunya untuk melepaskan ketergantungan tersebut dan itu dilakukan pada saat akhir pekan.

“Langkah ini dapat mengomunikasikan kepada karyawan betapa pentingnya bagi semua orang untuk beristirahat total, dan bahwa semua pekerjaan dapat menunggu. Meskipun karyawan mengetahui hal ini, mereka perlu mendengarnya dari pemimpin mereka,” ucap Kerr.

 

 

3. Memanfaatkannya untuk Kesehatan serta Passion Mereka

Para pengusaha sukses mengetahui bahwa kesehatan mereka sangatlah penting untuk dapat menopang mereka dalam mengelola bisnisnya. Karena itulah salah satu kebiasaan mereka adalah mencoba berolahraga serta yoga yang baik untuk kesehatan fisik dan membantu meredakan stres.

Selain itu, mereka juga mencoba memanfaatkannya untuk melakukan hobi yang selama ini terhambat karena mengelola bisnisnya. “Ini adalah waktu yang tepat untuk bersantai dengan hobi favorit. Baik itu berbelanja, bermain golf, bersosialisasi, membaca, melukis, atau melakukan hal lainnya,” kata Lynn Taylor.