Lakukan Hal ini 15 Menit Sebelum Interview!
Lakukan Hal ini 15 Menit Sebelum Interview!

Last update on .

Ketika waktu wawancara kerja semakin dekat, beberapa orang umumnya merasakan kepanikan dan perasaan yang tak menentu. Ini wajar, mengingat interview sendiri bisa jadi momen penentuan diterima atau tidaknya seseorang ketika dia melamar kerja. Maka agar lebih tenang dan percaya diri sehingga hasilnya memuaskan, baiknya lakukan beberapa hal tersebut saat 15 menit sebelum wawancara kerja berlangsung.

1. Menenangkan Diri

Mungkin inilah pengalaman pertamamu menjalani interview. Wajar saja bila Kamu akan merasakan gugup, stres, gelisah, dan keadaan batin yang tidak baik lainnya. Keadaan buruk ini akan menghambat kemampuan berpikirmu secara jenih. Bersikaplah dengan tenang dalam waktu 15 menit sebelum interview. Kamu bisa memikirkan keadaan yang lainnya bila interview yang sudah ada di depan mata membuatmu gugup.

 

 

2. Pilih Satu atau Dua hal yang Jadi Kelebihan Diri

Pada 15 menit sebelum interview berlangsung, biasanya kandidat sudah berada di ruang tunggu. Manfaatkanlah hal ini untuk memilih atau menentukan satu atau dua hal yang jadi kelebihan pada diri sendiri. Ini penting dilakukan agar kandidat mudah menjawab pertanyaan HRD, khususnya ketika mereka meminta kandidat untuk menjelaskan kelebihan yang dimiliki dirinya. 

3. Berhenti Berlatih

Latihan interview memang baik dilakukan sebelum wawancara kerja berlangsung. Namun, ketika interview sudah ada di depan mata, cukupkan atau hentikan latihan tersebut. pasalnya, hal ini akan membuat membuat percakapan terlihat sangat terencana dan tidak natural.

 

 

4. Jangan Mengecek Berita, E-mail, atau Media Sosial

Ketika Kamu sedang menunggu giliran interview, sebaiknya jangan mengecek berita, e-mail, atau media sosial. Karena bisa saja berita-berita yang Kamu baca nanti akan memecah konsentrasimu saat sesi wawancara.

5. Gunakan Catatanmu

Meriset segala hal sebelum interview merupakan persiapan yang bagus untuk Kamu jalani. Catatlah hal-hal penting yang bisa Kamu catat dan lihat saat menunggu giliranmu interview. Gunakanlah informasi tersebut sebagai bekalmu menjawab pertanyaan pewawancara.

6. Bercermin

Penampilan adalah hal yang pertama dilihat oleh perekrut. Sambil menunggu waktu giliranmu interview, gunakan waktu tersebut untuk bercermin sebentar dan memeriksa penampilanmu. Pastikan Kamu mengenakan pakaian yang sopan, rapi, dan nyaman.