10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha
10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha

Last update on .

Sudah lama ingin memulai bisnis tapi tidak punya waktu untuk memulainya? Atau, sudah punya waktu untuk memulai usaha tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Nah, mumpung sedang work from home atau WFH seperti sekarang, tentunya kamu punya banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis yang sudah direncanakan sejak lama. Sementara sebagai langkah awal, kamu bisa simak 10 persiapan sebelum memulai usaha seperti yang dilansir dari laman Entrepreneurcamp berikut ini:

1. Carilah Mitra Bisnis

Jika Kamu menjalankan usaha perorangan, maka Kamu tak perlu mencari business partner atau mitra kerja. Kamu akan menjadi pemilik usaha tunggal dan bebas dari campur tangan pihak lain. Namun, jika ingin membangun tim sukses, maka carilah orang-orang yang tepat sebagai co-founder dari bisnismu.

2. PIlihlah Jenis Usaha

Pilih jenis usaha ingin Kamu jalani, tapi juga memiliki prospek yang bagus. Kamu bisa menjalankan usaha di bidang jasa atau barang dan berbasis online atau offline. Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan. Jangan sampai Kamu salah pilih hanya karena ikut-ikutan orang lain.

3. Tentukan Produk

Mengenali produk yang akan Kamu jual adalah hal yang paling penting. Cari tahulah keunggulannya. Siapkan juga bagaimana pengemasan produk agar menarik di mata konsumen. Lakukan persiapan sebelum memulai usaha untuk menjualnya.

4. Kenalilah Pasar

Lakukan analisa pasar untuk mengetahui minat masyarakat, khususnya konsumen yang menjadi target market bisnismu. Cari tahu pendapat mereka tentang produk yang ingin Kamu pasarkan. Sekalian cari tahu juga kompetitor yang ada untuk mempersiapkan strategi dalam menghadapi mereka.

5. Buatlah Nama Usaha

Nama usaha itu bagian sangat penting dalam kegiatan promosi. Kembangkan kreativitasmu agar dapat membuat nama usaha yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat. Brand Kamu harus berbeda dari yang lain dan sebaiknya dapat merepresentasikan jenis usahamu.