Ini Ketakutan yang Biasanya Menahan Seseorang Jadi Entrepreneur
Ini Ketakutan yang Biasanya Menahan Seseorang Jadi Entrepreneur

Last update on .

Bila kamu bertanya dengan para milenial yang sudah bekerja selama beberapa tahun sebagai pegawai kantoran, “Apakah ingin jadi pengusaha atau entrepreneur?” Kemungkinan besar mayoritas akan menjawab "iya" atau "pernah terpikirkan". Pasalnya, mereka berpikir tidak ingin selamanya menjadi pekerja kantoran dan dapat mengelola usahanya sendiri. Tapi pada akhirnya, selalu ada rintangan atau ketakutan tersendiri yang membuat mereka enggan untuk nekat menjadi entrepreneur.

Untuk mengetahui mengenai apa rintangan serta ketakutan para pegawai kantoran untuk menjadi entrepreneur, firma Freeshbooks yang bergerak di ranah perangkat lunak akuntansi di Amerika Serikat pun melakukan survei. Hal ini dilakukan guna mengetahui mengapa pada tahun 2018 dari 24 juta pekerja kantoran di Negeri Paman Sam yang ingin menjadi pengusaha hanya sekira dua juta yang benar-benar memutuskan resign dan membuka usaha.

Walau penelitian ini dilakukan di Amerika Serikat, hasilnya mungkin mencerminkan mengapa fenomena ini juga terjadi di Indonesia, di mana banyak pegawai kantoran ingin berwirausaha tapi menepis keinginan itu karena berbagai hal. Sebagaimana dilansir dari Inc (13/4/2019), penelitian Freshbooks memaparkan ada sekira lima hal yang menjadi ketakutan para pegawai kantoran tersebut untuk mengejar impian mereka sebagai entrepreneur.

 

Berdasarkan 3.700 responden (pegawai kantoran) yang mengikuti survei yang dilakukan oleh Freshbooks, berikut ini ketakutan tersebut:

  • Sebanyak 35 persen responden menyebut takut jika mereka membuka bisnis sendiri maka mereka akan mendapatkan penghasilan yang tidak konsisten;

  • Sebanyak 28 persen responden menyebut takut jika mereka tidak memiliki cukup untuk modal atau khawatir hutang akan membuat kewalahan;

  • Sebanyak 27 persen responden menyebut takut jika mereka tidak memiliki rencana bisnis yang sempurna;

  • Sebanyak 27 persen responden menyebut takut jika mereka menghasilkan uang lebih sedikit dibandingkan pekerjaan mereka saat ini;

  • Sebanyak 20 persen responden menyebut takut tidak mendapatkan perlindungan kesehatan yang biasanya diberikan perusahaan sebagai benefit.

Percaya atau tidak ketakutan ini merupakan hal yang lumrah. Apalagi jika kamu termasuk orang yang sudah bekerja bertahun-tahun sebagai pegawai kantoran dan belum siap kehilangan benefit yang biasa diterima. Namun jika kamu memang sudah bertekad dan memiliki modal yang cukup, mungkin yang perlu kamu lakukan adalah coba hadapi ketakutan tersebut. Jika masih merasa yakin untuk menjadi entrepreneur maka panggilan untuk membuka bisnis sudah ada di depan matamu.