8 Cara Menghilangkan Kebosanan Bekerja
8 Cara Menghilangkan Kebosanan Bekerja

Last update on .

Perasaan bosan dalam bekerja sangat mungkin dialami oleh pegawai dalam sebuah perusahaan. Namun, hal ini masih bisa dibilang wajar karena setiap orang cenderung mengalaminya. Kamu hanya butuh sedikit dorongan atau motivasi, serta melakukan beberapa hal kecil untuk bisa mengembalikan semangat kerja. Hal tersebut penting dilakukan sebelum kamu benar-benar kehilangan semangat sehingga produktivitas kerja jadi menurun. Tapi, apa saja hal kecil yang dimaksud? mengutip laman Jadi Karyawan (1/1/2019), berikut adalah beberapa hal kecil tersebut. 

1. Ambil Cuti

Hal yang biasa kamu atau para pekerja lakukan saat mengalami kebosanan bekerja adalah dengan mengambil jatah cutinya untuk berlibur. Ambilah cuti yang langsung pararel dengan akhir pekan. Misalnya, ambilah cuti 3 hari dari hari pada hari rabu hingga jumat. dengan demikian, kamu memiliki banyak waktu untuk berlibur. Kamu bisa gunakan untuk jalan-jalan ke luar kota, bersantai di rumah bersama keluarga, kumpul dengan sahabat-sahabat, mengeksplor hobi yang Kamu sukai, dan lain sebagainya.

Dengan mengambil waktu untuk berlibur, rasa bosan atau jenuh dapat dihilangkan walau hanya bersifat sementara. Kendati demikian, hal ini dapat memicu semangat untuk kembali bekerja dengan baik. Jangan lupa pula, debelum cuti, pastikan pekerjaanmu telah selesai atau didelegasikan dengan baik.

2. Terus Belajar Ilmu Baru

Rutinitas bekerja yang monoton akan membuatmu mudah mengalami kebosanan. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan menambah ilmu baru selain profesi pekerjaan yang sedang Kamu jalani. Mendapatkan ilmu baru bisa membuatmu tertantang untuk mengerjakannya. kamu juga dapat memilih Ilmu baru sesuai dengan minat dan keinginanmu. Setelah mendapatkan ilmu baru, pekerjaanmu yang monoton akan lebih berwarna. Alangkah baiknya, ilmu baru yang telah kamu pelajari juga bisa diaplikasikan di tempat kerja, sehingga ilmu yang kamu dapatkan tidak sia-sia.

3. Terus Asah Kreativitas

Pekerjaan yang kerap kali kamu lakukan akan menimbulkan rasa kebosanan. Terlebih lagi pekerjaanmu harus sesuai dengan standar operasional perusahaan (SOP). Tidak menutup kemungkinan, rasa bosan yang menghampirimu akan mengganggu konsentrasi kerjamu. Dalam hal ini, yang kamu perlu lakukan adalah mengeksplor kreativitas dan mengaplikasikanya ke dalam pekerjaaan.

Misalnya, bila Kamu bekerja di bagian marketing dan jenuh untuk mengangkat telepon setiap harinya, maka sesekali kamu bisa memberikan ide untuk bekerja di lapangan untuk membuat event tersendiri dengan mengundang para konsumen atau target calon konsumen. Jadi, selain bisa bertatap langsung dengan para customer tersebut, Kamu pun bisa menikmati suasana baru dengan bekerja di luar ruangan.

Selanjutnya...