7 Jenis Usaha yang Bisa Dijalani Sambil Kuliah (II-Habis)
7 Jenis Usaha yang Bisa Dijalani Sambil Kuliah (II-Habis)

Last update on .

5. Freelance Penulis

Dalam menawarkan jasa usahamu untuk menjadi seorang penulis lepas atau freelance penulis, Kamu harus memiliki kemampuan menyampaikan ide ke dalam bentuk tulisan. Tidak perlu modal materi untuk memulai usaha ini, sebab yang Kamu butuhkan adalah keterampilan dalam menulis, kreativitas, dan imajinasi. Jenis usaha jasa ini bisa Kamu lakukan dengan fleksibel. Kamu bisa mengerjakannya di mana pun dan kapan pun, namun yang perlu Kamu ingat menjadi seorang penulis lepas harus taat deadline.

6. Jasa Penerjemah

Untuk membuka usaha jasa penerjemah, Kamu hanya butuh kemampuanmu dalam menerjemahkan bahasa yang diminta oleh pelangganmu, Kamu juga tidak perlu yang modal besar untuk memulainya. Kamu cukup menyediakan laptop atau gadget lainnya yang mendukung jenis pekerjaanmu. Buat Kamu yang ingin membuka jasa penerjemah, setidaknya Kamu harus menguasai satu bahasa Internasional, yaitu bahasa inggris yang banyak dipakai orang banyak. Dan usaha ini sangat cocok dijalankan mahasiswa jurusan bahasa, seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Belanda, bahasa Mandarin, dan bahasa lainnya.

7. Jasa Pembuatan Website

Website menjadi primadonya internet dan banyak dipakai oleh berbagai kalangan. Nah, buat Kamu mahasiswa jurusan informatika, bisnis ini sangat cocok buatmu. Untuk menjalankan bisnis ini, diperlukan keterampilan dalam mengolah kode Personal Home Page (PHP) atau Active Server Pages (ASP) secara manual dan dapat menggunakan Content Management System (CMS), seperti Wordpress.

Itulah tujuh jenis usaha yang cocok untuk dijalanani sambil kuliah. Dengan demikian, selain mendapatkan keuntungan materi, mempunyai usaha sejak kuliah akan mengasah kemandiran finansialmu.