Wajib Kamu Terapkan! Ini 9 Ciri Karyawan Berkualitas (II)
Wajib Kamu Terapkan! Ini 9 Ciri Karyawan Berkualitas (II)

Last update on .

5. Sopan atau beretika

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan yang tertulis maupun tidak tertulis. Tentunya, peraturan dibuat untuk ditaati, bukan untuk dilanggar atau dibangkang. Peraturan tidak tertulis terkait nilai kesopanan yang karyawan miliki. Karyawan berkualitas akan menjaga nilai kesopanan ini di dalam dunia kerja. Ia juga memiliki sikap yang ramah dan santun ke setiap karyawan. Misalnya saja tidak lupa dengan mengucapkan salam, meminta tolong, atau meminta maaf. Hal seperti ini sepele, namun dapat membangun suatu hubungan yang baik dengan rekan kerja.

6. Fokus pada detail

Dalam tugas yang begitu banyak dan dikejar deadline, akan ada hal-hal kecil yang seringkali diabaikan. Sesuatu yang kecil ini kadang penting untuk diperhatikan. Jika kamu mengalami ketidakfokusan dalam kerjaan, terlebih lagi pada sesuatu yang detail, cobalah untuk mencari tahu penyebabnya. Jika sumbernya adalah smarthphone yang Kamu gunakan mengalihkan fokusmu pada hal detail. Sebaiknya jauhkan smartphone-mu dari jangkauan Kamu saat bekerja.

7. Berwawasan Luas

Karyawan yang memiliki wawasan luas tentunya akan berdampak baik bagi pribadi maupun lingkungan bekerja. Tak hanya fokus pada apa yang dikerjankannya, namun ia berusaha belajar dan peka terhadap segala informasi yang datang padanya. Karyawan berkualitas yang memiliki wawasan luas dibutuhkan dalam bekerja karena dapat menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat memajukan perusahannya jadi semakin baik.

8. Berorientasi pada tugasnya

Bekerjalah dengan maksimal agar mendapatkan hasil yang maksimal pula. Karyawan berkualitas bekerja dengan berorientasi pada target yang sudah direncanakan, baik target pribadi maupun target perusahaan. Pada perusahaan, target yang dimiliki adalah untuk jangka panjang dan pendek.

9. Optimis

Seorang karyawan yang memiliki sikap optimis ini mampu menyebarkan virus positif ke semua rekan kerja. Orang yang optimis akan lebih banyak menciptakan suasana kerja dengan produktif. Tanpa adanya sikap ini dalam bekerja, seorang karyawan tidak akan mampu menjalani tanggung jawab yang sudah diberikan atasan. Optimis dapat dimunculkan dengan mengusir pikiran-pikiran negatif yang menyerang

Itulah sembilan ciri-ciri karyawan berkualitas yang bisa Kamu terapkan saat di kantor. Menjadi seorang karyawan dengan kualitas yang terbaik dapat mengembangkan karirmu di masa depan yang cerah.