Lakukan Ini Jika Membuat Kesalahan di Kantor
Lakukan Ini Jika Membuat Kesalahan di Kantor

Last update on .

Melakukan atau membuat kesalahan merupakan hal yang lumrah sebagai manusia. Saat di rumah atau di universitas, kamu bisa berusaha memperbaiki masalah tersebut dan melangkah ke depan. Namun melakukan kesalahan di kantor memiliki dampak yang berbeda dan bersifat lebih serius. Pasalnya, kamu bisa saja memicu memburuknya hubunganmu dengan klien, bahkan tersangkut masalah hukum hingga perusahaan mengalami kerugian.

Dampak dari kesalahan di pekerjaan tersebut pada akhirnya akan terasa lebih berat pada dirimu, apalagi jika kamu berstatus sebagai fresh graduate. Jadi saat kamu melakukan kesalahan di kantor, terdapat hal yang perlu dilakukan mengingat kariermu bergantung dengan tindakanmu selanjutnya. Sebagaimana dilansir dari The Balance Careers (9/4/2019), berikut ini hal yang bisa kamu lakukan ketika membuat kesalahan di kantor atau ketika dalam bekerja.

1. Mengakui Kesalahan Itu

Saat berada di kondisi yang memojokkan maka manusia memiliki dua respon utama, yaitu menghadapinya atau berusaha menghindarinya. Ini pun berlaku saat kamu melakukan kesalahan di kantor. Cara terbaik yang mungkin dapat menyelamatkan pekerjaanmu adalah justru menghadapinya. Jadi saat tahu telah melakukan kesalahan, kamu harus sesegera mungkin menemui atasanmu untuk menjelaskannya.

Bila kamu menghindarinya dengan menyembunyikan dari atasanmu, maka dampaknya bisa semakin buruk. Dengan mengakui melakukan kesalahan di kantor, maka kamu menunjukkan sisi profesionalisme. Tindakan ini juga demi menghindari munculnya tuduhan bahwa kamu menutup-nutupi kesalahan tersebut.

2. Minta Maaf

Karena kamu mengakui telah melakukan kesalahan, maka bertanggung jawab dengan meminta maaf. Walau kesalahan itu bisa saja terjadi karena kerja tim, kamu tetap harus mengakuinya jika memang ini kesalahan tersebut kamu yang membuatnya. Karena pada momen seperti ini akan banyak orang yang saling tuding dan menolak ditunjuk sebagai orang yang bertanggung jawab.

Semoga saja dengan kamu meminta maaf, atasanmu mengakui bahwa dirimu berani berani bertanggung jawab atas tindakanmu. Hal yang perlu dicatat adalah saat meminta maaf adalah kamu fokus dengan penjelasan mengenai kesalahan tersebut.

3. Tawarkan Solusi

Jika kamu memutuskan untuk mengakui kesalahan tersebut maka kamu perlu memberikan solusinya. Semoga saja solusi tersebut dapat dikerjakan segera agar bisa mengatasi kesalahan yang dibuat. Namun saat kamu tidak mempunyai solusi, maka mintalah waktu kepada atasan untuk mencoba membuat solusi tersebut.

Bila kesalahan tersebut dapat memicu kerugian perusahaan, maka pastikan solusi tersebut harus menjelaskan berapa biaya serta waktu yang dibutuhkan dan bagaimana mencegah kerugian itu. Untuk memperlihatkan kamu memiliki kemampuan memecahkan masalah, usahakan untuk menawarkan minimal dua solusi agar atasanmu dapat memilihnya.