Jika Ingin Nyaman di Kantor, Jangan Lupakan Etika Ini!
Jika Ingin Nyaman di Kantor, Jangan Lupakan Etika Ini!

Last update on .

Bekerja di lingkungan yang nyaman pasti akan membant pegawai lebih kreatif dan produktif. Nah, kabar baiknya, hal itu bisa didaptakan oleh setiap orang, termasuk kamu! Kamu hanya perlu beradaptasi dengan budaya kerja di kantor. Dengan demikian, kamu akan merasa nyaman saat bekerja sehingga karier pun bisa terus meningkat. Selain itu, kamu juga sebaiknya terapkan etika sederhana ketika berada dan berbicara dengan orang-orang di lingkungan kantor. Etika sederhana yang dimaksud antara lain:

1. Memberikan Apresiasi Kepada Rekan Kerja

Memberikan apresiasi kepada rekan kerja, baik dari pencapaiannya saat bekerja atau mendapatkan promosi di kantor adalah salah satu upaya meningkatkan rasa kepercayaan diri dan semangat kerja untuk rekan kerjamu. Bayangkan jika Kamu ada di posisi rekan kerjamu, tentu Kamu ingin juga mendapatkan perhatian apresiasi dari rekan kerjamu. Kalimat sederhana bisa membuat temanmu lebih dihargai dan dapat memotivasi dirinya dalam peningkatan kerja. Misalnya, saat temanmu berhasil

2. Memberikan Saran yang Positif

Menjadi seorang pemimpin memang tidak mudah. Kesalahan terbesar yang dilakukan seorang pemimpin adalah ketika ia tidak dapat membantu anak buahnya untuk memecahkan masalah. Masing-masing orang bekerja dengan segala macam kemampuan dan kekurangannya. Sebagai seorang pemimpin selayaknya memberikan dorongan atau motivasi kepada anak buahnya, agar masalah pekerjaan yang dirasakan cukup sulit jadi mudah. Begitupun dengan dirimu, jika mendapati rekan kerja dalam suatu tim tidak memberikan hasil kerja yang baik, berikanlah masukan yang positif. Dengan memberikan masukan yang positif membantunya berkembang dan merasa dihargai.

3. Memberikan Kritikan yang Membangun

Memberikan kritikan adalah hal yang bagus. Namun yang harus diperhatikan saat mengkritik kinerja seseorang, pastikan kiritikan itu membangun dengan menghadirkan sebuah solusi. Mengkritik dengan gaya mencela hanya akan berdampak buruk.

4. Mengucapkan Terima Kasih

Mudah diucapkan, namun banyak orang yang menyepelekan kata sakti ini. Mengucapkan terima kasih merupakan bagian dari memberikan apresiasi. Hal ini bisa menunjukkan bahwa Kamu menghargai apa yang sudah dilakukan rekan kerjamu.