Kenapa Orang Tidak Disukai Rekan Kerja? Ini Alasannya (Part II)
Kenapa Orang Tidak Disukai Rekan Kerja? Ini Alasannya (Part II)

Last update on .

3. Kerap Mengeluh

Mengeluh merupakan perbuatan yang bersifat manusiawi. Tapi jika kamu mengeluh terus menerus kepada rekan kerja, ini malah dapat memicu kamu tidak disukai di kantor. Keluhan itu termasuk mengenai masalah di rumah atau mengenai pekerjaan. Bagi sejumlah orang, mengeluh terus menerus dapat membawa energi yang negatif di lingkungan kerja.

“Kita semua kadang merasa tidak bahagia dengan keadaan kita, tetapi pola negatif yang konsisten biasanya merusak lingkungan untuk orang lain dan mendorong mereka menjauh,” jelas pengajar di Northeastern University College of Professional Studies, Donna Lubrano yang dikutip dari Careerbuilder (11/4/2019).

Salah satu cara untuk menghadapi ini adalah kamu lebih baik berpikir mengenai solusi terhadap masalahmu di kantor sebelum mengeluh. Bila kamu merasa tidak cocok dengan pekerjaan atau jobdesk-mu, maka kamu bisa mulai mencari kesempatan lain di perusahaan baru. Karena mengeluh tanpa solusi yang kamu ambil malah dapat memicu dirimu tidak disukai oleh rekan kerja hingga atasanmu.

4. Anti-sosial

Mungkin kamu tipe orang yang tidak suka dengan politik di kantor atau cenderung memilih anti-sosial agar bisa berkonsentrasi. Ini merupakan hal yang dapat dimengerti. Tapi tidak baik jika kamu terus melakukannya saat di kantor, khususnya karena kamu mayoritas menghabiskan waktu dalam sepekan berada di dekat rekan kerjamu.

“Kamu tidak harus bergabung dengan (circle-red) rekan kerja, tetapi mereka yang setidaknya mencoba untuk berpartisipasi dalam aktivitas sosial di tempat kerja dapat dipandang sebagai isolasionis, kaku, membosankan, dan tidak sopan,” jelas Lubrano.

Untuk mengatasi hal ini, diperlukan usaha mencoba untuk bersosialisasi dengan rekan kerjamu. Jadi jika kamu diajak ikut nongkrong sepulang kerja, maka tidak ada salahnya kamu mencoba ikut. Dengan ini, kamu setidaknya bisa lebih mengenal secara personal para rekan kerjamu di luar lingkup kantor.

5. Menjadi Biang Gosip

Gosip di kantor merupakan hal yang pasti akan muncul di setiap perusahaan. Namun jika kamu yang menjadi penyebar atau ikut bergosip, maka bisa dipastikan kamu akan tidak disukai oleh para rekan kerja. Ini tercermin dari survei yang dilakukan oleh careerbuilder.com pada tahun 2015 terkait perilaku apa yang merusak kesempatan pegawai naik jabatan. Percaya atau tidak, kerap bergosip menjadi jawaban tertinggi.

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah tentu saja tidak menyebarkan gosip atau ikut pembicaraan gosip di kantor. Bahkan jika bisa, ketika rekan kerjamu membahas mengenai gosip, kamu usahakan untuk mengalihkan pembicaraannya. Dengan ini setidaknya kamu menjadi seseorang yang lebih baik dengan menjauhkan diri dari topik gosip.