Kenapa Orang Tidak Disukai Rekan Kerja? Ini Alasannya (Part I)
Kenapa Orang Tidak Disukai Rekan Kerja? Ini Alasannya (Part I)

Last update on .

Kamu menghabiskan mayoritas waktumu dalam sepekan di kantor untuk bekerja, maka sudah pasti hampir setiap hari kamu pasti bersinggungan dengan rekan kerjamu. Mengingat setiap orang memiliki sifat yang berbeda, mungkin kamu tipe yang tidak peka dengan lingkungan kantormu. Sayangnya, ini dapat memicu kamu menjadi bahan pembicaraan para rekan kerja, dan bisa saja berakhir dengan kamu jadi sosok yang tidak disukai.

Walau hal tersebut sebenarnya tidak memengaruhi produktivitasmu dalam bekerja, tapi menjadi sosok yang tidak disukai di kantor harus menjadi perhatianmu. Pasalnya, ini dapat memiliki dampak yang negatif terhadap karirmu di perusahaan.

Contoh dampaknya adalah semakin kamu kurang disukai, maka semakin kecil kemungkinan rekan kerjamu mau mengulurkan tangan saat kamu kesulitan dalam pekerjaan. Selain itu, bisa juga mereka enggan bekerjasama denganmu atau merekomendasikan untuk kenaikan jabatan. Lalu pertanyaannya, kira-kira apa pemicu kamu bisa tidak disukai oleh rekan kerja? Berikut ini beberapa alasannya yang dilansir dari Careerbuilder (11/4/2019).

1. Haus akan Pujian

Saat kamu bekerja keras, tentu saja hal yang lumrah adalah kamu mengharapkan pujian atau setidaknya pengakuan. Namun sekali lagi, kamu perlu ingat bahwa pekerjaan di kantor rata-rata adalah team work. Jadi cibiran dapat muncul dari rekan kerja jika kamu terkesan berburu pujian untuk diri sendiri dari atasan.

“Jika seseorang hanya peduli untuk meningkatkan nama dan karir mereka sendiri, bertindak seperti lebih tinggi kepada yang lain, atau mencuri kesempatan orang lain. (maka-red) akan sulit untuk menyukainya,” ucap COO dari The Zebra yang bergerak di marketplace asuransi mobil di Amerika Serikat, Joshua Dziabiak

Karena itulah, bila hasil kerjamu merupakan usaha dari tim, maka kamu perlu menjelaskannya kepada atasan. Jadi rekan kerjamu pun ikut merasakan pengakuan terhadap kerja keras mereka. “Anggota tim yang hebat mengalihkan perhatian (kepadanya-red) dan memberikan apresiasi itu kepada rekan tim mereka jika (pekerjaan-red) berjalan baik,”

2. Acuh dengan Kesalahan

Melakukan kesalahan merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan, dan ini juga berlaku di lingkungan kerja. Sayangnya, jika kamu menangani kesalahan itu dengan cara yang salah, ini dapat memicu kamu tidak disukai oleh rekan kerja. Apalagi jika kamu terkesan acuh dan tidak mau bertanggung jawab atau kesalahan tersebut.

Menurut psikolog Sarah Schewitz asal Los Angeles, seseorang yang melakukan kesalahan dan cenderung menutup-nutupinya atau menyalahkan orang lain dapat menjadi “resep” pemicu rasa tidak suka dari rekan kerja. Solusinya untuk mengatasi hal ini menurutnya adalah cukup mengakui kesalahan tersebut dan jangan ragu untuk meminta maaf. Bahkan untuk meningkatkan integritasmu di kantor, kamu bisa meminta bantuan mereka untuk solusi dalam menangani kesalahan tersebut.