(Sumber: gigazine.net)
(Sumber: gigazine.net)

Last update on .

Siapa yang mengira jika karier pendiri perusahaan Panasonic dimulai dengan kegigihan serta ketekunan dari anak lelaki bernama Konosuke Matsushita? Tapi itulah yang memang terjadi. Pria asal Negeri Sakura itu memulai kariernya di dunia entrepreneur dengan berbagai pengetahuan yang didapatkannya saat magang. Menariknya adalah Konosuke Matsushita sebenarnya berasal dari keluarga tuan tanah. Tapi kebangkrutan yang menghantam keluarganya menjadi salah satu motivasi untuk mendorongnya menjadi pekerja keras.

Pendiri Panasonic itu lahir pada 27 November 1894 di Desa Wasamura, wilayah Prefektur Wakayama, Jepang. Ayah Konosuke Matsushita merupakan seorang tuan tanah dan terpandang di desanya sehingga ia sempat bisa menikmati masa kecil yang menyenangkan. Tapi kondisi ini berubah ketika keluarga Matsushita mengalami kebangkrutan akibat spekulasi yang salah terkait pasar komoditi beras kala itu.

Pada 1899, keluarga Matushita pun menjual semua asetnya dan pindah ke kota untuk tinggal di apartemen dengan tiga kamar yang sempit dengan kondisi sanitasi tak layak. Kondisi inilah yang membuat Konosuke Matsushita berusaha membantu keuangan keluarganya. Jadi beberapa bulan sebelum ia lulus SD, di usia sembilan tahun, Konosuke Matsushita pamit kepada orangtuanya untuk pergi ke Osaka dan mencoba bekerja di sana.

Sebagaimana dilansir dari panasonic.com (9/5/2019), Konosuke Matsushita memulai kariernya dengan magang di toko hibachi yang berlokasi di Osaka. Sekadar informasi, hibachi merupakan semacam kompor arang tradisional di Jepang. Setiap pagi, ia harus datang ke toko tersebut untuk bersih-bersih sekaligus menjaga anak dari pemilik toko. Sayangnya kurang dari setahun setelah itu, toko hibachi itu bangkrut dan membuatnya harus mencari pekerjaan di tempat lain.

Kemudian ia kembali magang dan kali ini di toko sepeda mewah. Pekerjaan di sini, membuat Konosuke Matsushita mahir menggunakan peralatan mekanik dan bekerja selama lima tahun di sini. Ia sempat berpikir untuk melanjutkan pendidikannya tapi melihat perkembangan listrik serta mobil sliweran di Osaka membuatnya tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan listrik. Di usia 15 tahun, ia pun memutuskan untuk mengakhiri magangnya dan bekerja di Osaka Electric Light Company.

Selama bertahun-tahun, Konosuke Matsushita mendedikasikan dirinya untuk bekerja di perusahaan yang memroduksi alat-alat listrik tersebut. Setelah menikah di usia 20 tahun, ia bekerja lebih giat karena mengemban tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga dan memicunya untuk melakukan penemuan stopkontak listrik yang lebih baik dibandingkan produksi dari tempatnya bekerja.

Sayangnya, atasannya tidak mengindahkan hal tersebut dan memicu Konosuke Matsushita merasa keahliannya tidak dipandang oleh pihak Osaka Electric Light Company. Oleh karena itulah, ia memutuskan untuk mengundurkan diri pada 15 Juni 1917 untuk mencoba menjadi seorang entrepreneur dan titik inilah yang menjadi awal dari cikal bakal Panasonic.

Selanjutnya...