Ingin Memulai Usaha Kuliner? Ikuti Cara Mudah Ini (Part I)
Ingin Memulai Usaha Kuliner? Ikuti Cara Mudah Ini (Part I)

Last update on .

Usaha kuliner akan terus berkembang dan tidak ada matinya. Berbagai macam penjual makanan yang menjajakan beragam variasi menu dan harga pun terus bermunculan. Alhasil, persaingannya pun cukup ketat. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Karena yang namanya usaha, akan mengalami kenaikan dan penurunan, dan itu sudah wajar terjadi. Lalu, bagaimana caranya memulai usaha kuliner? Berikut ulasannya.

1. Ketahui Siapa Target Pasarmu

Hal ini sangat penting diketahui untuk Kamu yang baru pertama kali merintis usaha. Kamu perlu tahu target pasarmu. Segmentasi pasar juga terbagi dalam kelompok pembeli yang berbeda sesuai kebutuhan, karekteristik, atau perilaku. Kenalilah dengan baik target pasarmu lebih dulu.

2. Carilah Keunikan Usaha Kulinermu

Setiap usaha harus memiliki faktor pembeda yang disebut USP (Unique Selling Proposition). Tentukan USP-mu, faktor pembeda yang unik dan sesuai ketertarikan masyarakat. Misalnya, usahamu memiliki tingkat kepedasan sampai 50 level, atau kulinermu dibuat tanpa micin, dan lain-lain.

3. Tentukan Lokasi

Jika Kamu ingin membangun usaha offline, tentunya lokasi menjadi faktor penting untuk mencari target pasar yang dekat dengan usaha kulinermu. Carilah lokasi yang cocok dengan jenis usaha kulinermu. Pilihlah lokasi sesuai dengan modal usaha yang sudah Kamu rancang. Lokasi yang strategis dan ramai menjadi sebuah lahan yang menjanjikan.

4. Cara melayani Konsumen

Setelah lokasi sudah ditentukan. Saatnya memikirkan bagaimana usahamu melayani konsumen dengan baik. Seiring perkembangan teknologi dan dekat dengan dunia digital. Fasilitas pesan-antar menjadi kebutuhan utama konsumen. Misalnya, fasilitas go food dan grab food. Pastikan lokasi Kamu terdaftar di Google Business, mudah diakses, dan memiliki tempat parkir yang cukup.

Selanjutnya...