5 Tips Mudah Kuliah Sambil Kerja Kantoran (Part II)
5 Tips Mudah Kuliah Sambil Kerja Kantoran (Part II)

Last update on .

3. Memerhatikan Pengeluaran

Alasan mahasiswa memilih kuliah sambil bekerja bermacam-macam. Ada alasannya untuk meringankan biaya kuliah atau sekedar menambah uang jajan. Kamu bisa saja mengajukan permohonan beasiswa untuk perusahaan di tempatmu bekerja. Jika hal itu diterima perusahaan, Kamu dapat meringankan biaya kuliah yang telah diberikan oleh perusahaan tempat Kamu bekerja.

Namun, yang perlu kamu harus perhatikan saat Kamu telah berhasil memperoleh beasiswa dari perusahaan. Performamu saat bekerja harus baik. Jika hal itu bisa Kamu lakukan, Kamu akan diberikan beasiswa hingga akhir kuliahmu. Atau adanya perjanjian yang perlu Kamu tepati seperti kontrak kerja hingga kompensasi yang harusnya Kamu terima. Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan baik-baik biaya diperlukan sehingga dapat menjalankan kuliah sambil kerja dengan baik.

4. Performa Tetap Baik

Kuliah sambil bekerja adalah pekerjaan yang tidak semua orang dengan mudah bisa melakukannya. Salah satu risiko memutuskan kuliah sambil kerja adalah, tidak fokusnya dalam kedua pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, penting buat Kamu untuk menjaga kestabilan performamu dalam kuliah dan bekerja. Jangan sampai nilai kuliah memburuk dan Kamu tidak bekerja dengan maksimal.

Untuk mengatasinya, yang perlu Kamu butuhkan adalah ketekunan dan niat yang kuat dalam menjalani kuliah sambil bekerja.

5. Tetap Produktif

Dengan kuliah sambil kerja, tentu peluang waktu untuk berleha-leha tidak akan ada. Kamu harus tetap menjalaninya dengan produktif. Kamu harus pandai memanfaatkan waktu luang untuk tetap produktif. Misalnya sepulang kuliah, Kamu dapat mempersiapkan diri untuk belajar atau untuk menyiapkan diri bekerja. Agar kuliah dan bekerjamu dapat berjalan dengan lancar, buatlah jadwal prioritas harianmu agar tidak ada hal yang terlupakan.

Hindari procastination, karena hal tersebut akan membuat kamu merasa 24 jam dalam sehari tidak cukup. Jangan sampai menunda tugas kuliah atau tugas kerjamu. Yang Kamu perlukan adalah semangat yang tinggi agar dua pekerjaanmu itu dapat diselesaikan dengan baik.

Itulah lima tips yang memudahkanmu untuk kuliah sambil bekerja sebagai karyawan kantoran. Tidak ada yang susah dikerjakan di dunia ini asal kita mau berusaha semaksimal mungkin, sama halnya seperti melakukan kuliah sambil kerja.