5 Tips Mudah Kuliah Sambil Kerja Kantoran (Part I)
5 Tips Mudah Kuliah Sambil Kerja Kantoran (Part I)

Last update on .

Tidak mudah memang, menjalani kuliah sambil bekerja sebagai karyawan kantoran. Dari soal waktu dan tugas itulah yang menjadi alasan orang cenderung memutuskan untuk kuliah terlebih dulu baru bekerja kemudian. Buat Kamu yang ingin kuliah sambil kerja kantoran tak perlu khawatir, karena ada tips yang memudahkanmu untuk kuliah sambil kerja. Berikut ulasannya seperti dilansir laman Glints (26/10/2017)

1. Pilih Bidang yang Sesuai

Pilihlah bidang kerja yang sesuai dengan jurusan kuliahmu. Dengan melakukan tips ini sekaligus memudahkanmu untuk mempraktikkan langsung teori-teori perkuliahanmu di tempat kerjamu. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk belajar lebih dulu tentang suatu hal yang belum kamu pelajari saat kuliah. Dengan kuliah sambil kerja, Kamu dengan mudah dapat meningkatkan nilai kuliah.

Jika tidak menemukan pekerjaan di bidang yang sesuai dengan jurusan kuliah yang Kamu ambil, Kamu dapat mencobanya dengan menyesuaikan waktu atau kemampuan kamu dalam bekerja. Kamu bisa saja mencoba menjadi pekerja paruh waktu di restoran atau bekerja sebagai seorang freelancer. Dengan jenis pekerjaan tersebut, Kamu dapat memiliki waktu luang yang lebih banyak karena kamu tidak perlu menghabiskan waktu lebih dari 7 jam untuk bekerja di kantor. Kamu dapat dengan mudah bekerja di rumah atau di kampus.

2. Terbuka dengan Kantor

Jika Kamu kuliah, informasikanlah kepada perusahaan jika kamu adalah seorang mahasiswa. Dengan begitu perusahaan dapat bantu menyesuaikan jadwal kerja dengan jadwal kuliahmu. Kamu dapat mengkonsultasikan hal ini kepada bagian HRD. Tim HRD akan memberikan solusi terbaik bagi Kamu dan perusahaan. Sehingga kamu bisa kuliah denga mudah sambil kerja dengan maksimal.

Atau sebaliknya, untuk dapat menyeimbangi kehidupan kuliah sambil kerja, Kamu bisa saja memilih jadwal kuliah yang tidak bentrok dengan jadwal kerjamu. Kamu bisa pilih waktu kuliah malam hari setelah pulang kantor. Saat siang harinya, Kamu dapat menggunakan waktu kerja dengan maksimal. Jika Kamu mengambil kuliah malam, waktu kuliahmu tentunya akan lebih efektif karena tidak ada waktu kosong di sela jam kuliah seperti kuliah reguler. Sehingga Kamu dapat menyeimbangkan waktu dalam kuliah dengan waktu bekerja.