Tips Agar Mudah Fokus Saat Bekerja (part I)
Tips Agar Mudah Fokus Saat Bekerja (part I)

Last update on .

Fokus menjadi bagian terpenting agar pekerjaan bisa dengan mudah diselesaikan. Waktu delapan jam untuk bekerja seharusnya bisa dimaksimalkan dengan baik. Namun, apa jadinya jika bekerja dengan delapan jam itu jadi tidak fokus? Berikut tips agar mudah fokus saat bekerja.

1. Istirahat

Gunakan waktu istirahatmu dengan baik. Istirahat akan menyegarkan kembali pikiranmu yang lagi buntu. Kamu membutuhkan waktu istirahat yang berkualitas. Kamu bisa memejamkan mata sekita 10-15 menit agar mata juga tidak lelah menatap layar monitor, dan Kamu pun bisa kembali fokus dengan tugas yang harus dilesaikan.

2. Hindari Smatphone dari Meja Kerja

Bekerja dengan smartphone di dekat meja kerjamu bukan suatu hal yang tidak mungkin menjadi kendala hilangnya fokus saat bekerja. Hindari atau jauhkan smartphone-mu dari meja kerja. Sebaiknya tarulah di dalam tas atau offline-kan. Dengan begitu, Kamu akan terhindar dari gangguan yang datang dari smarthphone-mu, baik deringan telepon, notifikasi media sosial, atau notifikasi WA. Jika kamu tetap meletakkan smartphone-mu di sekitar meja kerja, otomatis kamu akan selalu mengeceknya dan kerjaanmu jadi tertunda, atau bahkan bisa membuyarkan kefokusanmu.

3. Tidak Membuka Media Sosial atau WA

Walau smartphone sudah dijauhkan dari meja kerja. Namun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter atau bahkan WA bisa dibuka melalui laptop. Saat bekerja, sebaiknya media sosial seperti itu tidak kamu buka di laptop. Biarkan menu di laptopmu hanya soal pekerjaan yang harus Kamu selesaikan dengan deadline yang sudah ditentukan. Mengecek media sosial tentunya akan menghilangkan fokus. Apalagi jika media sosial yang Kamu buka membuatmu lupa waktu dan terus mengabaikan pekerjaanmu. Hal ini tentu saja menghambat pekerjaanmu.

5. Cari Tahu Penyebabnya

Banyak penyebab yang membuatmu gagal fokus saat bekerja. Jika badanmu capek sehingga tidak fokus bekerja, istirahatlah sebentar. Atau jika Kamu sedang banyak pikiran sehingga badmood, Kamu bisa cari tahu apa yang bisa membuatmu kembali bersemangat dan bisa fokus bekerja. Biasanya, makanan atau minuman akan mengembalikan mood-mu, dengan begitu Kamu bisa lebih fokus. Usir semua pikiran yang tidak penting saat bekerja, mulailah mencurahkan pikiran yang berkaitan dengan pekerjaanmu.