(Sumber: wordpress.com)
(Sumber: wordpress.com)

Last update on .

Salah satu tips yang biasanya mencerminkan usaha awal dari para influencer sebelum terkenal adalah mencari hobi yang bersifat niche. Kemudian jadikan hal tersebut sebagai highlight di media sosialmu agar kamu dapat memulai langkah menjadi influencer. Bila mengulas topik hobi niche, ada satu influencer yang saat ini namanya mendunia. Pasalnya dengan hobinya dalam estetika kerapian ruangan, ia menjadi influencer yang banyak membantu orang. Ia adalah Marie Kondo.

Perempuan asal Jepang ini mendapatkan julukan ratu kerapihan ruangan berkat keahliannya dalam teknik tata ruangan atau rumah di Negeri Sakura. Dari mulai mahasiswi, ibu rumah tangga, sampai selebritas dunia banyak yang mengungkapkan decak kagum dengan Marie Kondo. Pasalnya sebagai professional organizing, Marie Kondo membantu mengatur kerapian ruangan di tempat tinggal sampai kantor yang berguna untuk meningkatkan kualitas hidup serta produktivitas.

Sebelum menjadi influencer, metode merapihkan ruangan yang sesuai estetika dari Marie Kondo sudah mendapat perhatian secara global melalui bukunya. Dengan bukunya yang berjudul Jinsei ga Tokimeku Katazukeno Maho pada tahun 2011 yang ditranslasikan pada tahun 2014 dengan judul The Life-Changing Magic of Tidying: The Japanese Art of Decluttering and Organizing, perempuan berusia 34 tahun itu mengenalkan metode yang dinamakan “Konmari”.

Sebagaimana dilansir dari Konmari (10/4/2019), buku itu dipandang berhasil membawa teknik merapihkan rumah dan menyederhanakannya agar para pembaca cukup melakukannya sekali tanpa perlu mengatur ulang. Karya Marie Kondo itu pun menjadi buku terlaris di New York Times.

Semenjak itu, ia pun menjadi influencer mendunia yang tips dan sarannya ditunggu banyak orang, khususnya para follower-nya. Namun sebelum terkenal seperti saat ini, ketertarikan Marie Kondo dengan ‘seni’ merapihkan rumah sudah terbentuk semenjak ia masih berusia belia.

Masa Kecil Marie Kondo

Marie Kondo lahir pada 9 Oktober 1984 di Kota Tokyo, Jepang. Ia sudah mulai tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan tata ruangan dan rumah semenjak kecil. Sebab ketika Marie Kondo berusia lima tahun, ia suka melihat gambar-gambar yang ada di majalah gaya hidup Jepang yaitu Esse dan Orange Page.

Sebagaimana diwartakan Soranews24 (10/4/2019), inspirasi terbesar dari Marie Kondo dalam kehidupannya sebagai influencer kerapian rumah adalah neneknya yang tinggal di Prefektur Miyazaki. Neneknya mengajarkan bahwa ia harus menghargai apa yang tidak bisa dilihat dari luar.

Berkat arahan neneknya itulah, ia mencoba serius mendalami hal-hal yang berhubungan dengan merapikan ruangan. Bahkan di usia 15 tahun, Marie Kondo rutin membersihkan rumahnya sendiri dan merapikan semua kamar tidur yang ada di sana.

Selanjutnya...