Dear Jobseeker, Jangan Lakukan Ini di Hari Senin
Dear Jobseeker, Jangan Lakukan Ini di Hari Senin

Last update on .

Setiap harinya para pencari kerja atau jobseeker tidak mengenal kata lelah untuk terus mengirim atau membuka email untuk mencari hal-hal yang berhubungan dengan lowongan pekerjaan. Apalagi jika kamu baru saja melewati proses wawancara kerja yang di mana kamu merasa percaya diri dengan hasilnya. Tentu saja kamu terus berharap dengan hasilnya dan mungkin saja berniat mengirimkan email follow up yang ditujukan kepada pihak perekrut. Jika kamu memang ingin mengirimkannya, jangan lakukan pada hari Senin.

Percaya atau tidak, Senin merupakan hari yang tidak tepat untuk mengirimkan email follow up terkait panggilan kerja. Walau kamu sudah melalui proses wawancara kerja sepekan yang lalu, ada baiknya kamu menunggu sehari lagi. Pasalnya, ini merupakan momen yang tidak tepat untuk pihak HRD atau manajer perekrutan menerima email tersebut.

Hari Senin merupakan momen di mana HRD dan manajer perekrutan kembali ke kantor setelah menjalani akhir pekan. Mereka memiliki sejumlah pekerjaan lainnya selain merekrut pekerja baru. Dari mulai agenda rapat, deadline laporan, tumpukan email dari perusahaan, sampai beragam tugas lainnya. Tentu saja hal pertama yang mereka lakukan saat membuka komputer atau laptop adalah mengecek email.

Saat mengecek satu per satu email tersebut, mereka menemukan email yang dikirimkan oleh kamu sebagai jobseeker. Sebagaimana dilansir dari Inc-Asean.com (12/4/2019), mungkin saja email yang ditulis berbunyi, “Saya hanya ingin memastikan karena saya belum mendengar kabar dari Anda dan bertanya apakah saya masih masuk dalam kandidat untuk lowongan?”

Email seperti ini sebenarnya lumrah, karena kamu sangat berharap dengan hasil wawancara kerja yang sebelumnya telah dilakukan. Tapi sayangnya langkah ini tidak tepat untuk dilakukan pada Senin. Karena kamu tidak mengetahui kondisi dari pihak perekrut, bisa saja dia menjadi memandangmu negatif karena dianggap terlalu tidak sabar. Ini bisa diperparah jika suasana mood dari perekrut sedang kurang baik karena harus review semua kandidat yang datang pada proses interview kerja.

Jadi tidak ada salahnya kamu menunggu sehari untuk mengirimkan follow up email terkait wawancara kerja. Karena biasanya pada hari Selasa, pegawai kantoran sudah kembali kepada pola kerja seperti biasa dan ini juga berlaku untuk pihak HRD serta manajer perekrutan.