Tips Menghadapi Masalah Pribadi Saat Bekerja
Tips Menghadapi Masalah Pribadi Saat Bekerja

Last update on .

Jika kamu bisa bekerja secara profesional, maka masalah pribadi dapat kamu abaikan selama bekerja di kantor. Namun, bagaimana jadinya kalau masalah pribadi mengganggu pekerjaan? Berikut tips menghadapi masalah pribadi saat bekerja seperti dilansir dari laman Glints (11/03/2019).

1. Bicarakan dengan Atasan

Kamu bisa saja membicarakan masalah yang terjadi pada dirimu dengan atasan. Berdiskusi soal ini mungkin tidak nyaman. Demi bekerja secara produktif, seharusnya Kamu tak perlu sungkan untuk bernegosiasi dengan atasan soal workload-mu di kantor.

2. Cari Waktu untuk Diri Sendiri

Saat berada di kantor bukanlah alasan untuk tidak memiliki me time. Kamu bisa saja menyelipkan me time di sela-sela jam kerja. Misalnya, pada saat jam makan siang atau sore hari.

Cobalah ke luar kantor untuk sekadar berjalan-jalan sambil membeli kopi, atau telepon keluarga dan temanmu untuk mengobrol sejenak. Jika memungkinkan, coba minta izin untuk bekerja dari rumah (work from home).

3. Berikan Kelonggaran Waktu untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Sebaiknya, cicillah pekerjaanmu agar bisa pelan-pelan kembali ke kebiasaan rutinmu. Ketika berduka, moodmu akan berubah dan berdampak pada kinerjamu di kantor. Selesaikanlah pekerjaanmu secara perlahan sebelum deadline tiba. Cara ini juga bagus untuk mencegah menumpuknya stres akibat pekerjaan!

4. Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan

Tidak perlu berpura-pura tegar dan kuat jika memang kamu belum siap. Ketika kamu merasa terlalu kewalahan dengan pekerjaanmu, janganlah ragu meminta bantuan rekan kerja atau atasanmu.

5. Sabar

Kamu harus bisa bersabar dan percaya dengan dirimu sendiri selama berduka, yakinlah bahwa ini semua akan memakan waktu. Move on-lah dengan caramu sendiri, dan berikan kesempatan dirimu untuk bangkit.

Itulah beberapa tips dalam menghadapi masalah pribadi kesedihan yang bisa kamu lakukan ketika melewati masa-masa berduka agar bisa perlahan bangkit dan kembali fokus bekerja.