Ini Beberapa Penyebab Usaha Onlinemu Gagal (Part I)
Ini Beberapa Penyebab Usaha Onlinemu Gagal (Part I)

Last update on .

Membuat usaha online memang tampak menggiurkan, bahkan terlihat dapat dengan cepat menghasilkan keuntungan yang besar. Namun di balik itu, usaha online harus membutuhkan konsep yang kuat. Agar usahamu dapat berjalan dengan sukses, Kamu harus mengetahui penyebab usaha online-mu mengalami kegagalan. Berikut ulasan beberapa penyebab usaha online-mu gagal. 

1. Modal yang Kurang

Sama halnya dengan membuka usaha offline, usaha online juga membutuhkan banyak modal. Selain modal untuk membayar sewa hosting, usaha online-mu membutuhkan pemasaran atau promosi yang kuat, produk yang lebih lengkap, hingga membayar jasa admin. 

2. Tidak Bisa Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan adalah bentuk pengoperasian paling dasar yang harus Kamu kuasai dengan baik.  Promosi atau pemasaran merupakan kunci agar usaha online-mu tetap berjalan dengan baik dan tidak berjalan di tempat karena kekurangan dana untuk biaya promosi atau pemasaran. Agar arus kas dapat berjalan dengan baik, sebaiknya Kamu caba atur dana tersebut ke dalam beberapa bagian penting dan urgent, seperti persediaan produk, promosi, dan biaya operasional. 

3. Banyak Pesaing

Perkembangan internet memang sangat luas untuk saat ini. Hampir setiap orang memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan, termasuk membuat usaha online. 

Banyaknya orang yang membuka usaha tersebut membuat para pesaing usahamu juga banyak.  Buatlah usaha online yang unik dan jarang sekali. 

4. Stok Kurang Lengkap

Persediaan produk merupakan masalah yang paling penting dalam operasi usaha online. Menyediakan stok produk yang cukup adalah solusinya, tidak kurang atau berlebih. Perkirakan jenis produk apa yang mungkin akan banyak dibeli.

Selanjutnya...