Baru Lulus? Ini Tips Interview Kerja untuk Fresh Graduate (Part I)
Baru Lulus? Ini Tips Interview Kerja untuk Fresh Graduate (Part I)

Last update on .

Setelah melewati proses mengenyam bangku pendidikan selama bertahun-tahun, akhirnya kamu mendapatkan gelar. Tentu saja ini menjadi momen yang menggembirakan, karena artinya kamu bersiap menghadapi tantangan berikutnya, yakni mencari pekerjaan. Perjalanan panjang mencoba apply di sejumlah laman jobseeker dan mendatangi job fair pun dimulai. Hingga akhirnya kamu menerima panggilan interview untuk pertama kalinya melalui sambungan telefon atau email.

Ini merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu setelah kamu berusaha mencari kesempatan untuk berkecimpung di dunia kerja. Namun bagi fresh graduate, momen ini terkadang memicu kekhawatiran dan gugup. Pasalnya, kamu ingin menunjukkan sosok yang siap untuk bekerja tapi di sisi lain kamu tidak pernah menghadiri proses interview kerja. Untuk memudahkan proses interview pertamamu, ini tipsnya yang dilansir dari Workology (21/3/2019).

1. Kenali Perusahaanya

Ini merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan oleh para jobseeker sebelum langsung datang ke lokasi wawancara kerja. Jangan hanya memanfaatkan kepercayaan diri, karena dengan mencari tahu mengenai perusahaannya kamu bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu mengenai jenis pertanyaan yang mungkin keluar. Contohnya: “Apa yang kamu ketahui mengenai perusahaan ini?”

kamu bisa masuk ke dalam laman resmi perusahaan tersebut. Biasanya di sana ada penjelasan mengenai visi dan misi perusahaannya hingga mengenai pencapaian mereka yang terbaru. Bila perusahaan tersebut baru menerima penghargaan, kamu bisa memberikan ucapan selamat kepada pewawancara sebagai nilai tambah.

Bisa juga kamu memanfaatkan Google untuk melihat sosial media serta mengenai kabar perkembangan perusahaan tersebut. Siapa tahu kamu bisa menemukan sesuatu yang menarik dan sejalan dengan pengalaman akademikmu. Jadi di proses interview kerja, kamu bisa menjelaskan bagaimana pengalaman tersebut dapat bermanfaat di perusahaan tersebut.

2. Pahami Persyaratan Lowongan

Setelah tahu sekilas mengenai perusahaannya, ada baiknya kamu kembali meninjau ulang persyaratan lowongan atau job requirement yang tertera. kamu bisa berfokus apa saja syarat yang dibutuhkan dan menganalisanya untuk menyesuaikan dengan kemampuanmu.

Langkah ini penting guna mendapatkan bayangan jawaban yang bisa kamu berikan ketika pewawancara memberikan pertanyaan seputar hal tersebut. Karena dengan melihat job requirement, kamu bisa mendapatkan bayangan apa tanggung jawabmu ketika mendapatkan pekerjaan tersebut.

3. Datang Tepat Waktu

kamu tentu saja ingin memberikan kesan pertama yang bagus di mata perusahaan, walau kamu fresh graduate. Tentu saja datang tepat waktu untuk menghadiri proses interview merupakan hal yang penting. Paling baik adalah kamu sudah berada di dekat ruangan wawancara kerja sekira 10 menit sebelum waktu yang dijadwalkan.

Jika lokasinya jauh dari tempat tinggalmu atau khawatir dengan kemacetan, kamu bisa memilih berangkat satu atau dua jam sebelum waktu yang dijadwalkan. Kalau kamu datang lebih cepat dari waktu yang ditentukan, sebelum memulai proses interview kerja kamu bisa datang ke kafe terdekat untuk kembali mengecek berkas-berkas yang dibutuhkan.

Selanjutnya...