7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Kantor (Part II)
7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Kantor (Part II)

Last update on .

4. Membawa Drama ke Kantor

Jika kamu pegawai baru di sebuah perusahaan, pasti kamu berusaha bersahabat dengan para rekan kerja. Kamu akan banyak menghabiskan waktu bersama mereka, khususnya untuk membicarakan masalah pekerjaan. Tapi kamu tidak perlu membawa “drama” kehidupanmu ke kantor dengan menceritakan masalah hubunganmu, hingga mengenai keluargamu.

Ini tidak berarti kamu harus jadi orang tertutup, silahkan kamu membicarakan masalah hobi, makanan, atau film favoritmu. Tapi rekan kerjamu tidak perlu mengetahui mengenai mantan kekasihmu atau orangtuamu yang sering bertengkar di rumah. Tetap usahakan urusan kantor bersifat profesional.

5. Menyebarkan Virus Sakit

Mungkin sebagai pegawai baru, kamu ingin menunjukkan dedikasi yang tinggi untuk perusahaan. Tapi ketika kamu sakit, usahakan untuk meminta izin berobat. Karena jika kamu memaksakan, maka kinerjamu di kantor dapat menurun. Hal yang paling parah adalah kamu dapat menyebarkan virus dan membuat rekan kerjamu yang lain ikut tertular.

Contohnya adalah flu berat. Jika kamu sedang terjangkit sakit ini, hal yang salah jika memaksa untuk masuk kantor. Karena dengan AC kantor yang terus menyala, saat kamu bersin dan batuk maka kamu berpotensi menularkan virusnya ke orang satu ruangan. Jika kamu memang memaksa bekerja, lebih baik meminta izin untuk remote dari rumah.

6. Merekomendasikan Orang yang Salah

Jika kamu seorang fresh graduate, maka kamu tahu bagaimana saat ini persaingan mencari kerja semakin berat. Jadi ketika kamu sudah bekerja dan kantormu sedang membuka lowongan pekerjaan, pasti di benakmu terlintas untuk mengajak temanmu. Jika memang temanmu memiliki kualifikasi yang baik dan dedikasi tinggi, maka kamu bisa merekomendasikannya ke atasanmu.

Namun yang terburuk adalah jika temanmu ternyata pemalas dan kerap merengek, ini bisa berakhir jelek terhadap citramu di kantor. Ingatlah ketika kantormu membuka lowongan, mereka berharap orang baru tersebut dapat membantu kinerja produktivitas. Jadi walau temanmu masih berstatus belum bekerja tapi dia tidak memiliki kualifikasi yang baik, hindari merekomendasikannya.

7. Tidak Mengindahkan Atasanmu

Ini merupakan salah satu hal paling penting yang tidak boleh dilakukan di kantor. Pasalnya, terdapat rantai kepemimpinan di perusahaan yang harus kamu pahami. Jadi ketika atasanmu meminta untuk melakukan suatu tugas, maka berusaha kerjakan dengan baik. Walau terkadang pasti ada hal yang bertentangan, kamu bisa tetap menyuarakan keberatanmu dengan ide atau solusi baru, tapi tetap kerjakan tugas yang diminta oleh atasanmu tersebut.

Hal ini juga berlaku dalam hal absensi. Jika kamu sering terlambat dan atasanmu menegur agar kamu datang lebih cepat, maka usahakan untuk berangkat ke kantor lebih cepat. Karena jika kamu tidak mengindahkan hal ini, maka kamu seperti mempertaruhkan karier yang baru saja kamu bangun.

Sebelumnya...