7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Kantor (Part I)
7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Kantor (Part I)

Last update on .

Bagi fresh graduate, hari pertama masuk kantor merupakan momen yang paling ditunggu usai mereka wisuda. Namun ketika sampai di kantor, kamu bingung dengan aturannya dan mencoba untuk berbaur dengan rekan kerja barumu. Permasalahannya, ketika sampai di kantor, banyak karyawan yang melanggar aturan karena merasa sudah bekerja lama di perusahaan tersebut. Sayangnya, karyawan baru ikut melanggar aturan supaya bisa diterima di “circle” karyawan lama.

Jika ini terjadi pada dirimu sebagai fresh graduate yang baru saja mendapatkan pekerjaan, kamu harus mengingat satu hal penting, yakni kamu berada di kantor untuk bekerja. Jadi sebelum mencoba untuk mengikuti para senior rekan kerjamu, ada baiknya kamu membaca artikel ini. Berikut ini hal-hal yang tidak boleh dilakukan di kantor yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Menggunakan Komputer/Laptop Kantor Selain untuk Bekerja

Walau ini merupakan hal yang paling dasar, tapi kamu akan mendapati pemandangan rekan kerja seniormu melakukannya. Namun, terapkan mindset bahwa komputer atau laptop yang diberikan kepadamu oleh perusahaan merupakan fasilitas agar kamu bisa bekerja di kantor. Jadi, manfaatkan perangkat tersebut hanya untuk bekerja.

Mungkin atasanmu tidak mempermasalahkan jika kamu menggunakannya untuk browsing belanja online atau untuk mengecek sesekali media sosial saat jam istirahat. Tapi sekali lagi, kamu harus ingat bahwa ini tidak berarti kamu bisa secara bebas menggunakannya. Hindari untuk melakukan pekerjaan sampingan, menonton film, bermain video games bahkan untuk mencari pekerjaan baru di saat jam kerja.

2. Mengakses Media Sosial secara Berlebihan

Kecuali bekerja sebagai social media specialist atau admin media sosial dari perusahaanmu, kamu harus menghindari menggunakan media sosial secara berlebihan. Jika saat pekerjaanmu telah rampung atau ketika istirahat, maka sesekali kamu bisa mengakses Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube. Tapi sebisa mungkin, gunakan ponsel pintar pribadimu untuk mengaksesnya, jangan komputer atau laptop dari kantor.

Tapi di saat jam kerja dengan deadline yang menumpuk, kamu harus sebisa mungkin tidak mengakses media sosial di kantor. Karena kamu digaji oleh perusahaan untuk produktif di kantor dan membantu mengejar target yang telah ditetapkan oleh atasanmu. 

3. Mengeluh secara Berlebihan

Mengeluh merupakan hal yang manusiawi jika dilakukan di lokasi dan waktu yang tepat. Kamu bisa mengeluh dengan keluarga serta temanmu di rumah. Tapi kamu harus menghindari mengeluh di kantor, apalagi jika kamu melakukannya bersama rekan kerja yang ujung-ujungnya kalian malah jadi bergosip.

Jika kamu memang harus mengeluh mengenai suatu permasalahan di kantor, maka langsung datangi atasanmu. Kemudian secara perlahan kamu identifikasikan masalahnya dan kira-kira apa tindakan yang perlu dilakukan agar bisa memperbaiki masalah tersebut. Karena jika kamu terus mengeluh tanpa memberikan solusi maka ini bisa menciptakan image bahwa kamu belum dewasa dalam menghadapi tantangan.

Selanjutnya...