Cara Menghadapi Biang Gosip di Kantor (Part II)
Cara Menghadapi Biang Gosip di Kantor (Part II)

Last update on .

6. Melawan si Penggosip

Biasanya Kamu mendengar gosipan teman kerjamu. Tapi, kini berbeda justru Kamu yang jadi bahan gosip di kantor oleh si biang gosip. Cara untuk menghadapinya adalah lawan! Ya tentu saja bukan dengan kekerasan fisik maupun verbal. Kamu bisa ajak bicara baik-baik di Biang gosip itu. Katakanlah bahwa kamu merasa nggak nyaman dengan sikap dan kabar yang ia sebarkan. Hal ini dapat menyadarkannya untuk berhenti melakukannya.

7. Hadapi isu yang disebarkan

Berita negatif tentang Kamu akhirnya sampai ke telingamu dari gosipan teman kerja. Hadapi isu yang sudah menyebarkan berita buruk tentang Kamu. Kamu bisa menyelesaikannya secara profesional dengan mengajak si biang gosip bicara atau menahan isu yang sudah tersebar. Katakanlah bahwa orang juga pasti memilki sikap negatif yang tidak pantas disebarluaskan. 

8. Menolak Larut dalam Pergosipan

Buat Kamu yang terlanjur dalam pembicaraan yang sedang membicarakan orang lain atau menggosip. Cara yang bisa Kamu hadapi adalah dengan mengundurkan diri secara halus dari lingkaran gosip yang sudah terlanjur Kamu ikut di dalamnya. Atau Kamu juga bisa menanggapinya dengan tidak memancing pembicaraan atau diam. 

9. Tetap Jaga Fokus Kerjamu

Kalau Kamu sudah berada di lingkungan kantor. Yang harus Kamu utamakan adalah tanggung jawabmu sebagai karyawan, yaitu bekerja dengan baik dan benar. Kamu digaji perusahaan untuk bekerja. Jadi, jika ada pergosipan di kantor sebaiknya Kamu tetap fokus pada pekerjaan dan goals karena itu alasanmu direkrut oleh atasanmu. Kalau terhanyut, kamu bisa dicap jelek oleh atasan karena kurang profesional di kantor.

Itulah sembilan cara menghadapi biang gosip di kantor. Perlu diingat bahwa datang ke kantor adalah dengan mengerjakan tugas yang sudah menjadi tanggung jawabmu. Jadi, lakukan kerjaanmu dengan baik dan hindari gosip yang tidak ada gunanya. 

Sebelumnya...