Cara Menghadapi Biang Gosip di Kantor (Part I)
Cara Menghadapi Biang Gosip di Kantor (Part I)

Last update on .

Mengobrol santai di kantor merupakan hal wajar yang dilakukan karyawan saat waktu senggang atau istirahat kerja. Namun, perbuatan ini bisa memengaruhi kualitas kerjamu jika dilakukan saat jam kerja. Bahkan bila obrolan sudah menjurus ke gosip kantor, ini jelas tidak baik dan bisa menggangu fokus kerjamu. Namun sayang, ada saja pegawai yang senang dan mengajak orang disekitarnya untuk bergosip saat jam kerja. Pegawai ini biasa disebut dengan biang gosip.

Mengingat bergosip termasuk perbuatan yang tidak menyenangkan untuk orang lain yang sedang digosipkan. Berikut ada beberapa langkah yang bisa Kamu terapkan untuk menghindari hal tersebut saat berada di kantor, seperti dikutip dari laman Popbela (30/10/2017).

1. Jangan Ikut Bergosip

Sekumpulan teman di kantor sedang ngobrol tapi tidak biasa. Ada yang menggebu-gebu, bahkan ada juga yang terlihat tenang tapi sekali berkata menyakitkan. Sekumpulan teman kerja yang sedang bergosip di saat jam kerja atau di luar jam kerja adalah perbuatan yang tidak baik untuk diikuti. Nah, buat Kamu yang merasa ingin sekali bergabung dengan sekumpulan teman kerja yang senang bergosip, sebaiknya hindari hal ini. Sebisanya ditahan untuk tidak menggosipkan hal-hal yang tidak penting. Kamu bisa menolak ajakannya secara halus bila temanmu sewaktu-waktu ingin Kamu terlibat dalam pembicaraan mereka. 

2. Katakan Sesuatu yang Positif

Menggosip adalah perbuatan membicarakan orang lain. Baik atau buruk sesuai fakta atau tanpa fakta sama sekali. Namun, menggosip ini lebih cenderung ke sesuatu perbuatan yang negatif alias tidak pantas Kamu contoh. Menggosipkan orang lain biasanya membicarakan perihal keburukannya. Karenanya, bergosip bukan hal yang baik untuk dilakukan. Bila Kamu tidak sengaja mendengar obrolan yang tidak baik mengenai orang lain, Kamu bisa mengubah subjek dengan menyebutkan sisi positifnya. 

3. Menghindari si Penggosip

Si Biang gosip akan selalu ada di mana-mana, termasuk di kantor  dan hampir tiap hari Kamu bertemu dengannya. Mungkin, ada saja hal yang selalu ia katakan sehingga dia  tidak pernah berhenti dengan menggosipkan orang lain. Bila Kamu sudah tahu ada teman kerjamu yang seperti itu, sebisa mungkin hindari berinteraksi dengannya agar Kamu tidak terseret dalam pembicaraannya. 

4. Tahu Arti Gosip

Kamu harus bisa membedakan antara gosip dengan diskusi. Antara pembicaraan yang bermanfaat buat Kamu dengan yang tidak ada gunanya buat Kamu dengar. Bila Kamu ingin mendengar hal-hal baik dan berguna buat Kamu, cari teman kerja yang asik untuk diajak berdiskusi. Diskusi dengan teman kerjamu lebih baik dari pada menggosip yang biasanya bertujuan untuk 'membunuh' karakter orang yang dibicarakan.

5. Jaga Privasi

Di kantor, Kamu tidak mungkin akan akrab dan bebas mengumbar privasimu pada teman kerjamu, bukan? Seharusnya, ini yang Kamu lakukan. Menjaga privasimu di kantor adalah sesuatu yang bisa membawamu ketenangan. Justru sebaliknya, banyak mengumbar privasimu di kantor, bisa-bisa Kamu yang jadi bahan gosip teman kerja lainnya.

Selanjutnya...