4 Pilihan Profesi Menulis Online
4 Pilihan Profesi Menulis Online

Last update on .

Tidak perlu pergi ke kantor di pagi hari dan pulang ke rumah saat senja tiba. Kamu yang senang dengan sistem pekerjaan fleksibel, bisa mendapatkan pekerjaan lewat online. Sebab, banyak jenis profesi pekerjaan yang bisa dikerjakan lewat online, termasuk profesi menulis. Berikut ulasan terkait beberapa macam profesi menulis online yang bisa mendapatkan banyak kemudahan serta penghasilan, seperti dilansir laman cermati.com (30/08/2017) 

Kontributor Website

Ada banyak website yang membutuhkan tulisan untuk menaikkan traffic pengunjung. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan uang. Topik yang bisa Kamu bahas bisa beragam, seperti kuliner, traveling, kesehatan, kecantikan, fashion, dan yang lainnya.

Beragam situs web di Indonesia bisa Kamu pilih. Kamu bisa memilih salah satu website yang paling tepat, misalnya IDN Times. Di website tersebut, Kamu bisa menjadi seorang kontributor berbayar untuk setiap konten yang Kamu tulis. Jika tepat memilih topik yang banyak diminati, Kamu akan mendapatkan sejumlah uang yang cukup besar.

Penulis Konten Website 

Selain menjadi kontributor, Kamu juga bisa menjadi penulis konten yang dipesan para klien atau direkrut oleh sebuah perusahaan untuk menjadi karyawan tetapnya. Banyak topik yang bisa Kamu tulis sesuai dengan kemampuan. Jika Kamu ingin menjadi freelancer, Kamu bisa daftar di website freelancer, seperti freelancer.com atau project.co.id. Di sana Kamu dapat menemukan banyak klien yang membutuhkan jasa menulis konten sehingga Kamu memiliki kesempatan yang luas untuk mendapatkan uang.

Jasa Entry

Masih ingin bekerja secara online dan mengandalkan kemampuan menulis yang dimiliki? Kamu bisa menerima pekerjaan untuk melakukan data entry. Pekerjaan ini akan membutuhkan ketelitian yang tinggi, terutama jika data yang harus dimasukkan terdiri dari angka. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan layanan yang satu ini, sehingga Kamu akan bisa menemukan sejumlah klien dengan mudah. Pada umumnya, pekerjaan ini akan menangani data-data penjualan, stok barang, dan yang lainnya. 

Jadi Transkriptor atau Captioning

Kedua pekerjaan ini pada umumnya dilakukan secara online. Kamu akan mendengarkan sebuah audio dan mengetikkan naskah untuk audio tersebut. Kamu harus memiliki kemampuan mendengar yang sangat baik, termasuk kemampuan untuk menghafalkan dan menerjemahkan (jika dibutuhkan) kata-kata di dalam audio tersebut untuk menjadi sebuah naskah.

Itulah empat pilihan profesi menulis yang bisa Kamu pilih dan profesi ini pun dapat menghasilkan uang dari online. Buat Kamu yang ingin bekerja secara online, keempat profesi tersebut bisa Kamu pilih.