4 Sikap yang Perlu Kamu Terapkan di Kantor
4 Sikap yang Perlu Kamu Terapkan di Kantor

Last update on .

Setiap hari, kamu harus menghadapi kemacetan serta hectic-nya angkutan umum untuk mencapai kantor. Karena itulah, ketika sampai kantor, yang hanya ingin kamu lakukan adalah menyelesaikan pekerjaan di depan mata hingga waktunya pulang. Sayangnya, hal ini biasanya membuat kamu jadi tidak mencintai pekerjaan dan cenderung berakhir dengan review dari atasan yang bersifat “biasa saja”. Bila ini terjadi padamu, maka sudah saatnya menerapkan sikap positif di kantor.

Bingung dengan sikap positif apa saja yang bisa diterapkan di kantor? Berikut ini empat sikap yang bisa kamu jadikan inspirasi, sebagaimana dilansir dari blog.careers.org (26/3/2019). 

Tampil Stylish

Setiap perusahaan memiliki dress code-nya masing-masing. Ada yang formal dan ada juga yang semi-casual. Tapi, kamu bisa mencoba tampil lebih stylish dengan sedikit perubahaan tanpa mengubah dress code. Contohnya bagi perempuan yang bekerja dengan budaya dress code casual-formal, kamu bisa mengganti celana panjang jeans dengan celana yang bermotif dan senada dengan sneakers atau flat shoes.

Sedangkan untuk pria dengan dress code yang serupa, mayoritas memilih untuk menggunakan polo shirt saat di kantor. Kamu bisa tampil stylish dengan menggunakan kemeja lengan pendek atau lengan panjang yang dikombinasikan dengan celana denim. Selain itu, kamu juga bisa memilih menggunakan sepatu loafer atau sneaker yang warnanya senada dengan atasan atau celana yang digunakan.

Usahakan Meja Terlihat Bersih

Walau kamu sibuk dengan pekerjaan yang menumpuk, ada baiknya tetap mengusahakan agar mejamu terlihat besi dan rapi. Karena dari sisi kedisiplinan, kamu jadi terlihat sebagai orang yang memperhatikan detail dengan rapi dan ini baik untuk penilaian juga. Selain itu, terorganisir juga membuat pekerjaanmu semakin cepat. Pasalnya, kamu tidak perlu mencari dokumen yang tertumpuk dengan berkas-berkas di mejamu.

Jika jobdesk-mu mengharuskan kamu banyak menangani dokumen, ada baiknya mengajukan pengadaan lemari dokumen kepada perusahaan. Ini agar semuanya tertata dan mejamu bersih dari dokumen yang menumpuk.

Bersosialisasi dengan Rekan Kerja

Malas bersosialisasi dengan rekan kerja yang toxic dan memilih untuk antisosial? Mungkin ini saatnya kamu memberikan energi yang positif untuk menghilangkan budaya toxic kantor. Karena dengan kamu mencoba bersosialisasi dengan para rekan kerja, kamu bisa mencoba membahas hal-hal yang positif seperti mengenai film, olahraga, serta saling bertukar informasi mengenai hobi.

Setiap ada rekan kerja yang mulai memberikan pembicaraan ke arah toxic, kamu bisa mencoba mengalihkan pembicaraan tersebut ke arah yang positif. Tunjukkan bahwa kamu memiliki jiwa team-spirit sekaligus ingin menciptakan lingkungan kantor yang lebih baik.

Jangan Ragu Mengulurkan Tangan

Memang bagus untuk fokus dengan pekerjaan, tapi tidak ada salahnya jika kamu juga berusaha untuk membantu rekan kerja. Tunjukkan bahwa kamu memiliki inisiatif untuk mengemban tanggung jawab lebih dan ini merupakan salah satu cerminan jiwa kepemimpinan yang baik untuk ditunjukkan di kantor. Bahkan, ini juga bisa menjadi awal jalan menuju promosi jabatan.

Selain membuat rekan kerjamu terbantu, ini juga dapat menjadi pengalaman baru untukmu. Karena dengan mencoba melakukan tugas di luar job desk, kamu akan tahu bagaimana beban pekerjaan para rekan kerjamu. Apalagi jika sukses menyelesaikannya, maka mereka akan mengapresiasi apa yang kamu lakukan.